Wednesday 24 March 2010

Smart Bus Stops in Seoul

Lagi lagi dan lagi kecanggihan teknologi di Korea. Hmmm..


Kali ini gw akan ngebahas tentang halte bus canggih yang ada di Seoul. 


Jadi sekarang ini udah banyak ditemuin halte bus canggih di Seoul yang bisa ngejawab pertanyaan-pertanyaan kita yang muncul selama kita menggunakan fasilitas transportasi di sana. misalnya, sekarang bis yang pingin gw naikin ada di mana yaaa?? trus rumah sakit apa ya yang paling deket dr halte 'A'?? atau pas kita udah telat dan tau klo jalanan lagi macet, perlu ga langsung naik subway aja? daripada makan waktu di jalan tapi ternyata jalanan padat banget. Ga perlu lagi pake acara malu-malu buat nanya ke orang yang ga dikenal, tinggal samperin aja smart bus stop canggih ini dan semua pertanyaanmu akan terjawab. :) emang sih.. kesannya jadi individual banget, padahal kan manusia makhluk sosial di mana hidup itu harus saling tolong menolong. Tapi menurut gw, fasilitas ini cocok banget buat negara kya korea yang kebanyakan penduduk aslinya ga terlalu mahir berbahasa inggris. Maksudnya, fasilitasnya sangat-sangat menolong para warga negara asing yang tinggal di sini dan ga ngerti bahasa korea sama sekali. Mereka akan dengan sangat mudah ngedapetin info yang pingin mereka cari tanpa harus cape-cape nanya pke body language ke orang korea. (belom tentu juga mereka ngerti apa yang kita maksud dan sebaliknya :D hoho)

Jadi smart bus stops ini kebetulan belom beredar di seluruh Seoul. Smart bus stops yang dilengkapi dengan ICT (information and communications technology) ini baru bisa ditemuin di rute bus antara Jongno 1(il)-ga dan Jongno 4(sa)-ga. Kamu bisa dapet berbagai info, misalnya info cuaca, lingkungan skitar bus stop, dan traffic broadcasting. 
I really hope that my hometown, Jakarta, can use this kind of technology also in the future days. Please.. please.. 


Dengan membuat sebuah u-shelter yang mengombinasikan information technology dengan cuaca dan air environmental sensors disetiap bus stopnya, smart bus stop ini memberikan pelayanan kepada para penumpang bus berupa berbagai macam informasi penting. 
Fasilitas utama yang ada di smart bus stop ini adalah berupa peta yang menampilkan daerah di sekitar bus stop yang dapat membantu para penggunanya untuk mencari suatu lokasi, toko, atau gedung-gedung lainnya, video information service yang menampilkan kedatangan dan keberangkatan bus di halte bus, dan IP-TV traffic broadcasting service yang memberikan informasi di mana suatu bus berada pada saat itu. 

Proyek ini merupakan salah satu hasil dari strategi pemerintah Korea yang bertujuan mempromosikan teknologi telekomunikasi yang bersatu dengan teknologi broadcasting dan juga teknologi yang bersahabat dengan lingkungan.


original article from http://english.seoul.go.kr/gtk/news/news_view.php?idx=9168

No comments: