Monday 22 March 2010

KTX-II: adeknya KTX yang lebih nyaman dengan harga yang sama



KTX (atas) dan KTX-II (bawah) yang bermoncong lebih bulat dari sang kakak.

got a news from korea.net

Udah tau kan KTX itu apa?? Ya bener banget.. kereta paling cepet di Korea Selatan. KTX ini baru aja punya adek loh, yang dikasih nama KTX-II yang mulai diluncurkan dari awal Maret ini. (kebetulan saya blom sempet nyobain kereta terbaru ini hehe). KTX-II beroperasi 4 kali sehari di line Gyeongbu dari Seoul ke Busan dan di line Honam dari Yongsan ke Gwangju dan Mokpo.

KTX-II yang mencerminkan spesies ikan lokal yang bernama Sancheoneo ini, memiliki kursi-kursi yang bisa diputer 100% dan lebih lega (5 cm lebih lebar) dari kakaknya. Setiap kereta punya penerima sinyal DMB dan wireless internet access. (woww). Ga lupa juga buat yang tiba-tiba kelaperan di kereta, bisa mendatangi gerbong nomer 4 karena di sana ada snack bar dan business center yang ga bisa ditemuin di KTX lama. KTX-II memiliki kecepatan yang sama dengan KTX, yaitu 300km/h dan setiap gerbongnya dilengkapi dengan alarm kebakaran dan perlengkapan keselamatan lainnya.

Kabar bagusnya, harga KTX-II dan KTX sama, tapi diskon 5% buat kursi yang madep-madepan ditengah-tengah itu udah ga berlaku lagi di KTX-II karena kursinya bisa diputer 100%. (ini sih kabar buruk buat gw. ahahaha. menabung dululah klo mo nyobain KTX-II)

Dari Seoul ke Busan menggunakan KTX maupun KTX-II akan merogoh kocek sebesar 51,200 KRW (sekitar 413,000 IDR) dengan lama perjalanan 2 jam 10 menit (wow!!! ckckck.. lebih cepet 30 menit dari sebelumnya). Tapi katanya ntar harganya mau dinaikin karena taun ini mau dibikin section kedua antara Daegu dan Busan. Oh no! 


1 comment:

Aldhino Anggorosesar said...

Oo..yg kursi adep2an di tengah itu diskon tohh...
nice info...
tapi, 5%?
5% * 13000 = 650?