Friday 15 January 2010

Kimchi



Kimchi adalah salah satu makanan tradisional khas Korea. Terbuat dari sayuran hasil fermentasi yang sebelumnya digarami dan dicuci lalu dipendam bersama udang kering, saus ikan, bawang putih, cabe merah, dan jahe didalam gentong besar khusus. Ada ratusan jenis kimchi yang sudah diciptakan tetapi sayuran yang paling umum dibuat kimchi adalah sawi putih dan lobak.
Di korea, kimchi slalu dihidangkan bersama masakan utama yang kita santap. Hampir semua orang Korea ga bisa makan tanpa kimchi. Oia, banyak juga loh makanan korea yang mengandung kimchi di dalamnya, seperti.. sup kimchi dan nasi goreng kimchi. ㅎㅎ
Menurut Health magazine, kimchi adalah salah satu dari lima makanan tersehat di dunia. Kimchi mengandung banyak vitamin, membantu pencernaan, dan bisa mencegah kanker.
Hmm, dulu waktu gw pertama kali dateng ke korea, kimchi belom cocok sama lidah gw. Tapi sekaraaang.. Hmm. gw bisa bilang klo kimchi itu ENAK! haha. butuh satu setengah taun untuk mengatakan itu. ㅋㅋ eia, tapi ga semua kimchi itu enak sih, soalnya kimchi2 yang ada di asrama biasanya ga enak :( dan ada di beberapa tempat makan yang menyediakan kimchi yang ga enak juga.

Trivia
- Instead of saying 'cheese', Korean say 'kimchi' waktu mereka lagi difoto.. Say "KIMCHIIII!" cekrek..
- Di korea ada kulkas khusus untuk kimchi looh.. ada yang bentuknya kya kulkas ice cream gitu.. ada yang di kulkas biasa, disediain part sendiri buat naro kimchinya.

Nah, ini dia resep bikin kimchi yang gw dapet dr www.resepkita.com
Kapan2 pingin nyoba ahh...

Bahan:
1 buah sawi putih
1/2 buah bawan bombay, iris tipis
1/3 btg wortel, iris tipis memanjang
1/4 btg lobak putih, iris tipis
4 btg daun bawan
2 sdm bawang putih, parut
1 sdt jahe, parut
1/2 gelas bubuk cabe korea
2 sdt garam
1 sdm gula
1/2 gelas garam kasar/garam laut
1 gelas air cup water
1/4 gelas saus ikan korea
1/3 gelas air
1 sdm tepung

Cara Membuat:
1. Belah sawi putih menjadi 4 bagian, cuci dan tiriskan. Potong daun bawang menjadi irisan kecil-kecil.
2. Campur 1/2 gelas garam kasar dan 1 gelas air. Masukkan sawi putih ke dalam campuran air garam dan rendam 6-8 jam atau semalam. Cuci dan keringkan.
3. Masukkan 1/3 gelas air dan 1 sdm tepung ke dalam panci di atas api sedang, aduk rata hingga mendidih lalu matikan apinya. Diamkan.
4. Setelah campuran tepung dan air dingin, masukkan bubuk cabe korea, garam, gula, saus ikan korea, bawang putih parut, dan jahe. Aduk rata lalu masukkan semua sayuran yang tersisa.
5. Ambil satu bagian sawi putih lalu isi dengan campuran di atas. Usahakan agar sawi dapat dilipat dua lalu bungkus dengan bagian daunnya.
6. Letakkan di dalam wadah kedap udara dan biarkan semalaman lalu simpan dalam kulkas selama 2-3 hari.
7. Hidangkan dengan nasi.

맛있게 드세요!
Selamat Makan!






4 comments:

istifara said...

kimchi itu bs tahan berapa hari mut??

Mutia said...

kata mereka bisa bertaun2 far..
makin lama dipendem katanya makin enak.. haha

Unknown said...

kimchi bukannya di rendem pk cuka yach..

Mutia said...

hmm.. saya kurang tau juga. hehe soalnya belum pengalaman bikin langsung.. ini juga dapet resepnya dari website indonesia, biar ga usah cape2 translate. hehe. nanti coba saya tanya ke orang koreanya langsung deh. :)