Friday 15 January 2010

Tasty Korean Winter Snacks :)

Winter winter gini.... enakan ngomongin makanan kyanya ya.. apalagi ini skrg gw lagi laper2nya. haha. (makin laper yang ada ㅋㅋ). Tapi gpp seru kayanya. I want to share you about Tasty Korean Winter Snacks.. Ada banyak looohh.. dan ini menggugah selera semuanya.. Klo ke korea pas winter, wajib nyobain ini semua ^^ Snack-snack ini bisa membantu kita untuk tetap survive di suhu dingin di Korea ini. Apalagi FYI, tahun ini adalah winter terdingin yang pernah gw alamin selama tinggal di negeri kimchi ini.
Snack-snack ini selain enak dan bisa ngenyangin perut, tentunya sangat menyehatkan tubuh kita selama winter. Mengandung gizi yang seimbang yang kita butuhkan selama winter. hihi..
Snack-snack ini biasa keliatan di pinggir jalan, yaaa macem jajanan pinggir jalan di Jakarta gitu d. Mirip2 abang2 gorengan dipinggir jalan. haha. Bedanya di sini lebih bersih dan rapi aja 'gerobak'nya. Nah, klo gw jalan keluar rumah nemuin ibu2 yang jualan beginian, rasanya ga bisa dilewatin.. gatel kakinya pingin jalan ke arah gerobaknya. heheee..

yang pertama yang paling oke yang akan gue kenalin adalah.................

붕어빵/잉어빵!!!! 
(Pungeoppang/ingeoppang), yaitu semacam kue yang berbentuk ikan yang diisi dengan red bean paste atau cream.. Favorit gw adalah yang isinya cream.. haaa. enak buaaaanget.. waktu digigit.. krim yg masih anget2 gitu meleleh dilidah kita.. Hmmmm. Yummy.... cucok banget kaaan buat nemenin winter yang dingin??? Klo di Daegu sih 2,000 won dapet 6 ekor, tapi klo di Seoul cuma dapet 5 ekor katanya. hahaha. alhamdulillah gw tinggal di Daegu..ㅋㅋㅋ 

nahhh, sekarang yang keduaa...

호빵 (Hoppang)

Pastinya udah sering liat dong.. Klo di Jakarta, roti bulet gendut ini biasa kita sebut dengan bakpao. Nah, di Korea juga ada tapi ukurannya lebih kecil dan cuma bisa ditemuin di musim dingin aja. Nah, klo di Korea, hoppang biasanya diisi dengan red bean paste, sayuran, curry, dan daging.. Biasanya sih daging babi. Hoppang bisa ditemuin di convenient store semisal Family Mart, Buy the Way, 7Eleven, dll. Klo di Seoul katanya bisa dibeli dengan harga 700~1000 won, tp di Daegu, tetep dong lebih murah :D, satu koin 500 won aja bisa kok beli hoppang!

Lalu yang ketiga...
Baked Sweet Potato and Roasted Chesnut


Wah yang ini pastinya enak dimakan anget-anget sambil ada asepnya gitu. :) Yuuuummm..
Klo ubi di bakar udah sering makannya.. tp klo Chestnut dibakar, baru pertama kali nih nyobainnya di Korea. Ini juga karena ditawarin zahra. Dia bilang enak, trus yaudah de gw cobain. nyobainnya juga baru winter ini loh. Hehe.. knp ga dr dulu? karena dulu gw kira ga enak.. Ya gitu.. kebiasaan gw adalah klo ngeliat makanan dari penampilannya. Klo mnurut gw tampangnya ga enak, biasanya jadi males nyobain sampe ada orang yang maksa buat makan, baru deh gw makan. ㅎㅎ
chestnut bakar ini biasanya dimasukin ke kantong kertas warna coklat pas kita beli. Harganya skitar 2000 sampe 3000 won tergantung ukuran dan kuantitasnya. Klo ubi manis bakar ini biasanya dijual dengan harga 2000 won per 3 buah. Oiya, ubi manis bakar rasanya lebih enak drpd ubi manis kukus loh :) Trus sperti biasa, makannya harus pas masih panas ya! Klo udah dingin jadi mengurangi rasa.

yang ke-4.. yang menggugah selera jugaaa :)

떡복이 (Tteokbokki)


belum dikasih bumbu nih..

Nah ini dia salah satu jajanan pinggir jalan di sini yang paling terkenal. Enak dan pedas tentunya. Dulu gw juga anti banget sama makanan ini. Tapi ntah sejak kapan, gw jadi suka banget dan menjadi salah satu makanan yang sering gw beli klo lagi di luar. Hehee. Apa Tteokbokki ini?? Klo org bule bilangnya spicy korean rice cakes. Nah jadi si tteokbokki ini terbuat dr rice cake yang panjang dan dipotong-potong, lalu direbus. Tapi di jaman modern ini, tteokbokki udah punya bentuk baru dan imut-imut. ada yang bentuk hati dan star juga loh..tteokbokki ga cuma berdiri sendiri tapi biasanya dicampur sama odeng (fish cake) dan sayuran. Lalu kesemuanya ini di marinate dengan pasta cabe merah yang ditambah air secukupnya (plus potongan daun bawang dan bawang bombay) dan di masak di atas api. Yang jelas uenaaak bangeet! Kenyel2 gimana gitu rice cakenya. Makanya tteokpokki pasti disukai semua orang, ga kenal gender dan ga kenal umur.. tua muda pria wanita semua suka tteokpokki.. ^^ Oia, masalah harga, klo di Daegu ttp ya lebih murah pastinya dr Seoul. 1 porsi harganya 2000 won. Sayangnya di Seoul bisa didapet dengan harga 2,500 won ~ 3,500 won. Alhamdulillah lagi gw tinggal di Daegu ㅋㅋ

Yang terakhir...

오뎅/어묵 (odeng/omuk)



FYI, odeng itu bahasa jepang dan omuk itu bahasa koreanya. Bahasa inggrisnya adalah fish cake. Hmm.. ini makanannya nagiiiih banget.. skali makan, pingin makan lagi, lagi, dan lagi..
Fish cake sbenernya bentuknya macem-macem.. ada yang bentuknya lembaran trus dilipet-lipet dan ditusuk pke stik panjang gitu, ada yang bentuknya panjang biasa (kya sosis), ada yang bentuknya bulet2 kecil atau dibentuk huruf2 dan bentuk2 lainnya (kya chicken nugget). Nah, klo yang dijual dipinggir jalan biasanya odeng yg bentuknya lembaran trus dilipet-lipet dan ditusuk pke stik panjang. sekilas bentuknya seperti usus. haha. Dulu pas pertama kali liat ini di pinggir jalan waktu baru nyampe di korea, gw pikir ini usus babi yang direbus. ㅋㅋㅋ taunya ikan... Ohiya, di jaman modern ini, odeng udah byk modifnya.. ada vegetable odeng, ada tteok odeng (odeng bentuk sosis dg ukuran lebih gede dan di dalemnya ada rice cake) juga. Dan semuanya itu ga ada yang ga enak.. Nah, si odeng ini biasanya dimakan berpasangan dengan tteokpokki. Klo seret tinggal  minta sama ibu2 penjualnya (yang biasa kita panggil ajumma) kuah odeng. kuah odeng ada yang pedes dan enggak. kuahnya itu gratis loh.. dan bisa nambah2 sepuasnya. enaaak!! ohiya, ada saos celup2nya juga buat si odeng ini. ada 2 macem yaitu kecap asin cair yang udah di campur sama irisan cabe2, daun bawang, dan bawang bombay... yang satu lagi semacam chilli sauce gitu.. yang pasti chilli sauce ala korea. favorit gw adalah yg kedua.. tp kadang2 gw campur aja dua-duanya. pertama celup ke chilli sauce, trus dicelup lagi ke kecap asin. (kaaan, jadi tambah laper.. ㅠㅠ)
Masalah harga... Di daegu 1000 won dapet 3 tusuk. di seoul cuma dpt 2, malahan ada yang cuma dpt 1. ㅎㅎㅎ

Bagaimana? bagaimana?? tertarik untuk mencoba?
klo mo nyoba, bisa dateng ke korea, atau klo mau bikin sendiri di rumah (bahan2nya bisa dicari di supermarket2 terdekat yang menjual bahan makanan korea).. klo males bisa nyari orang korea di tempat anda berdomisili trus minta bikinin deh :)

Selamat mencoba!!

3 comments:

nadiastari 나디아 said...

uuu... jadi pengen coba yang 떡복이 itu tuh... hehe

Ramadhona Saville said...

waaaaah,maknyus mut,
di jpn yg bentuk ikan jg ada sama bgt namanya taiyaki,makananya mirip2 ya jpn korea china

Mutia said...

iya.. sering liat klo gw baca komik jepang.. jepang korea deh kyanya yg lebih mirip.. jadi laper lagi gw.. haha