Monday 26 March 2012

Eh udah sebulan aja.. (part 1)

Finally after a month..

Yak kali ini mari berbicara dengan bahasa yang lebih ringan dan santai di sela-sela waktu istirahat gw yang sedang mempersiapkan IELTS test ini.

Hari ini tanggal 26 Maret 2012, berati pas banget udah 30 hari gw ada di Jakarta setelah Alhamdulillah mendarat dengan selamat di bandara Soekarno-Hatta pada tanggal 25 Februari 2012 sekitar pukul 8 malem lewat 6 menit yang lalu.

Mari kita sedikit flashback ke tanggal 25 Februari 2012. Hari itu pagi-pagi sekali sekitar pukul setengah 8 pagi waktu Daegu, gw berangkat dari rumah menuju ke terminal bus diantar oleh temen-temen tercinta yang sudah saya anggap seperti kakak dan adik saya sendiri, Mas Rio.. Kak Ati.. Teh putri.. Zahra.. Hafiz.. Ardie.. dan juga Paman Marbun (Paman Korea yang sudah seperti ayah kami di Korea). Malem sebelumnya, Ajumma (Ibu-ibu yang sudah menikah berumur paruh baya) pemilik tempat kos-kosan gw dateng ke kamar buat ngitung biaya listrik yang harus gw bayar sampai pemakaian malam itu. Setelah urusan ngitung-ngitungnya selesai, gw ngambil dompet gw untuk ngeluarin tambahan uang yang harus gw bayarkan ke si ajumma (sebelumnya gw udah ngasih 100,000 won buat bayar listrik tapi ternyata kurang sekitar 12,000 won lagi). Tapi tiba-tiba si ajumma nahan tangan gw yang udah bersiap ngambil selembar uang 10,000 won. Dia bilang, "Eh ga usah aja 12,000nya itu.. biar ajumma aja nanti yang tambain ya. gpp. uangnya kamu simpen aja." Hiiikks.. gw terharu banget sampe pingin nangis malem itu. Alhamdulillah, gw sangat bersyukur dapet juin Ajumma yang bener-bener baiknya supeeeerr.. Gw speechless. Gw sering denger cerita temen-temen lain yang tinggal di Korea yang juin Ajummanya bermasalah, galak lah, pelit lah, atau apa yang bikin ga enak.. tapi alhamdulillah banget gw bisa dapet juin ajumma yang super baik hati udah kya ibu gw sendiri. Akhirnya, sebelum dia pergi ninggalin kamar gw, tiba-tiba dia mengucapkan salam perpisahan sambil meluk gw. Huhu.. Gimana gw ga terharu dan sedih buat ninggalin gedung bernama Cheongsol itu. :(

Ok, balik lagi ke pagi-pagi tanggal 25 Februari. Di pagi yang dingin itu, Ajumma sempetin bangun dan langsung nyamperin kamar gw buat say goodbye terakhir. (Lagi-lagi bikin gw sedih). Pagi itu gw belom sempet bersiin kamar, belum disapu, belum dipel.. Barang-barang sisa pun masih ada beberapa yang tertinggal di kamar. Ajumma bilang, "Udah-udah gpp itu semua tinggalin aja barangnya nanti Ajumma yang bersiin dan rapiin. No worries." Ajumma.. sungguh dirimu begitu baiknya.. T_T Gw pagi itu emang bener-bener in a hurry karena baru selesai packing jam 6 pagi! Haha.. Baru packing yang bener sehari sebelumnya sampe temen gw bilang, "mut sebenernya jadi pulang ke Indonesia for good ga sih?" :D Total barang bawaan gw adalah: satu koper gede, satu koper yang lebih kecil, satu tas seukuran muat di cabin, shoulder bag, plus tas kameranya temen yang mesti gw bawain buat dia yang udah duluan balik for good ke Jakarta.

Di terminal bus.. cuma satu yang bisa gw bilang: sediiiiihhh :( I said, akhirnya hari ini tiba juga.. hari di mana gw say goodbye sama daegu, knu, temen-temen yang udah kya keluarga di sini, dan korea. Hiks.. That was the saddest farewell ever in my life. Tapi hidup kan harus terus berjalan. Setiap pertemuan pasti ada perpisahan. Akhirnya setelah 5 tahun, gw bertemu lagi dengan yang namanya perpisahan itu. Kak Ati yang paling manja.. gw dipeluk-peluk terus dari lima menit sebelum berangkat. huhu.. Kakak pertamaku di Korea..

Tibalah saatnya gw harus angkat kaki dari tanah Daegu dan menginjak lantai bus yang akan ngebawa gw ke Incheon International Airport. Good bye and see you next time Daegu. My second home town...

Sampe di Incheon, langsung nyari kak Eva, temen gw pulang bareng. Beliau adalah dosen UI yang baru aja lulus S3 di Kyunghee Univ di Seoul. Alhamdulillah tanpa gw rencanain sebelumnya, ada temen bareng pulang satu pesawat dan kita bisa duduk sebelah-sebelahan. Tentunya ini rencana Allah subhanallahu wa ta'ala. Pas checkin, bener-bener deg-degan.. udah punya feeling klo barang-barang bawaan bakal overweight dan ternyata benar. ㅋㅋㅋ

Ga kerasa waktu berjalan cepet banget sampe akhirnya tibalah saat gw untuk boarding. Alhamdulillah lokasi gatenya juga ga terlalu jauh dari gate immigration kita. Oh iya, pas di counter immigrasi, kartu alien registration gw diambil sama petugasnya lho.. nandain klo gw ga akan balik ke korea lagi kecuali bikin visa baru. Say goodbye to ARC..

Pesawat yang gw naikin berkode KE627. Pesawatnya baru! Seneng banget bisa naik pesawat Korean Air yang baru ini. Waktu itu juga pertama kalinya gw duduk di deretan kursi paling depan di tengah yang spacenya lebih luas itu. Kak Evanya lagi hamil, jadi perlu ruang untuk ngelurusin kaki jadi milih kursi di barisan paling depan. Ternyata duduk di situ enak juga karena jadi ngerasa ga sempit. Tapi kekurangannya jadi ga bisa liat jendela, which is my favorite place to seat inside a plane. :D Hari itu gw makan vegetarian oriental meal yang udah gw pesen beberapa hari sebelumnya. Hmm, lumayan enak tapi masih kalah enak sama vegetarian oriental mealnya Cathay Pacific. Keuntungan mesen special meal adalah kita bisa dapetin mealnya lebih dulu dari orang-orang yang ga mesen special meal. Hehe.. Asik kaan.. Yang paling gw suka dari Korean Air adalah mba-mba pramugarinya yang super ramah banget dan dia orang Indonesia. Sangat helpful apalagi buat Kak Eva yang banyak request ini itu pas kakinya bengkak di dalem pesawat.



*eh gw ini sebenernya cuma pingin cerita sebulan ini gw ngapain aja di Jakarta tapi kok malah flashback ke tanggal 25 Februari dan berakhir dengan tulisan yang kepanjangan.. Haha.. kebiasaan klo mood nulisnya lagi kambuh :P mohon dimaklumi

Pindah ke part 2 ya klo gitu.. biar ga eneg.

No comments: