Thursday 23 September 2010

LEBARAN ke-4

Maaf teman-teman, gw baru bisa share cerita lebaran di negeri kimchi ini sekarang. Hehe. Udah hampir 2 minggu yah ga kerasa.. Banyak banget pertanyaan-pertanyaan mirip yang ditanyain ke gw menjelang, di saat, dan setelah hari Idul Fitri ini, sampe-sampe gw pingin banget bikin default reply messagenya atau bikin post di blog ini, atau bikin list FAQ di blog ini untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan sama itu. Haha.. saking gw bosen karena jawabannya ya itu-itu lagi tapi yang nanya banyak. wkwkw :P
pertanyaannya itu macem kya gini: mutia, lebaran pulang ga ke indonesia (dan yg sejenisnya), gimana lebaran di korea?, makan ketupat dan opor ayam ga?, kok ga libur pas lebaran?, ga kangen sama indonesia?, udah berapa kali lebaran di korea?, sholat iednya di mana?
lebaran pulang ga ke indonesia?
ga pulang dong :D
gimana lebaran di korea?
gw paling bingung klo ditanyain pertanyaan ini. kenapa? karena gw ga ngerti maksudnya hahaaa. bingung juga gw jawabnya.. jadi gimana apanya? gini-gini.. Korea itu adalah negara yang ga mewajibkan warganya untuk punya agama, jadi perayaan suatu hari besar agama bukanlah suatu perayaan yang gimana gitu. apalagi Islam, di sini dikit banget orang Korea yang muslim, muslim di sini kebanyakan pendatang dari luar Korea yang sedang belajar atau bekerja di Korea. Yah, jadi mau ga mau, suasana lebaran di sini itu layaknya seperti hari-hari biasa. Ga bakalan berasa suasana lebaran di Indonesia. ga bakalan ada acara ngumpul-ngumpul keluarga, silaturahim ke rumah-rumah tetangga dan sanak saudara.. ya plain aja gitu, kya hari-hari biasanya.
makan ketupat dan opor ayam ga?
klo gw sholat iednya di KBRI, gw bisa menikmati hidangan khas lebaran. klo gw ga sholat ied di KBRI? bisa juga makan tapi bikin sendiri. xP
kok ga libur pas lebaran?
ya itu tadi... karena di sini kebanyakan warga aslinya ga beragama, jadi ga ada libur nasional hari Idul Fitri. Jangan harap deh libur pas hari lebaran. haha.. makanya kami di sini sangat-sangat bersyukur apabila Idul Fitri bertepatan dengan weekend.
ga kangen sama Indonesia?
klo yang ini ga usah ditanya lagi. haha.. yaiyalah kangeeeen... kangen gw pingin lebaran sekeluarga lagi T_T
udah berapa kali lebaran di Korea?
4 kali.
Sholat iednya di mana?
di KBRI
udah beli baju baru?
ini lagi.. pertanyaan ga penting menurut gw. hahaa... gw ga inget lagi deh urusan kya gini-gini. bisa shalat ied aja alhamdulillah banget :)
Jadi alhamdulillah lebaran taun ini bertepatan dengan hari Jumat di mana gw ga ada kuliah di hari itu. Jadi gw bertolak ke Seoul hari Kamis malem pke KTX bareng 3 temen gw yang lain. Kita nginep di wisma KBRI. Nah biasanya malam takbiran inilah yang bikin gw sedih dan kangen banget sama Indonesia. kangen banget euy denger suara takbiran menggema di mana-mana. :(
Seperti biasa, panitia sholat ied udah nyiapin segala sesuatu yang diperluin untuk sholat ied di keesokan harinya. Sayangnya hari itu hujan, jadi kami ga bisa sholat di lapangan parkir seperti biasanya. sholat dialihkan ke lantai 2 sampe lantai 4 di ruangan-ruangan di wisma KBRI. Jadi sempit dan riweuh gitu.. Tapi alhamdulillah sholat masih bisa dilaksanakan dengan lancar. 
Setelah sholat, mulailah antrian makanan terbentuk. orang-orang udah mulai ngantri untuk ngambil makanan. Nasi pake rendang, sayur singkong, ayam, kerupuk, dan pisang. Hmm.. delicious!
Dilanjutkan dengan ngobrol-ngobrol di pelataran wisma. ga lupa juga foto-foto yang pasti. :D
Pas udah agak siangan, open house KBRI dimulai. kita masuk deh tu ke wisma duta. di sana yang pasti kita akan makan ronde ke-2. Haha.. :P Ketupat sayur plus rendang, ayam goreng balado, beserta cemilan-cemilan kue lebaran dan kue lainnya. Bisa ketemu warga Indonesia lainnya di KBRI, serasa udah kya keluarga sendiri.. sesama perantau, bernasib sama, jadi terharu rasanya :)

Klo menurut gw, hikmahnya lebaran di negeri orang itu adalah.. Kita bisa lebih fokus beribadah di bulan Ramadhan.. apalagi di hari-hari terakhir ramadhan yang biasanya klo di Indonesia, orang-orang udah pada sibuk belanja sana sini nyiapin keperluan buat lebarannya. Padahal sebenernya kan inti dari Idul Fitri itu bukan pada persiapan makanan, baju baru, sepatu baru, furniture baru, dsb itu..ya ga? :D Di sini, gw sama sekali ga mikirin itu semua.. gw jadi lebih fokus ke aktifitas ibadah sama belajar gw di sini. Pas Idul Fitrinya, tinggal sholat ied deh :) Alhamdulillah makanannya udah ada yang nyiapin hehe.. alhamdulillah banget bisa punya pengalaman merasakan lebaran ga di tanah air. 
Ada yang mau nyoba? :D

1 comment: