Saturday 23 January 2010

Getting to Korea

Ngelanjutin postingan gw sebelumnya yg berjudul nah.. nah... , weather, about Korea, traveller's essentials...
di postingan sebelumnya, gw udah ngasi beberapa info general ttg Korea. tertarik pingin ngeliat langsung tempat syuting drama2 korea yg ciamik itu?? nah ini beberapa hal yang harus disiapin sebelum kamu berangkat menuju negeri kimchi ini.

Pertama, yang pasti kamu harus punya paspor yang masih berlaku minimal 6 bulan dan visa Korea. Paspor bisa dibikin di kantor imigrasi terdekat dr tempat tinggal kamu, sedangkan permohonan pembuatan visa Korea bisa diajukan di kantor kedutaan Korea Selatan di jalan Jenderal Gatot Subroto Kav. 57 , Jakarta Selatan. Syarat-syarat dan dokumen-dokumen yang diperluin buat bikin visa Korea bisa ditanyakan langsung di sana.

Trus.. pasti kamu bakal bawa barang-barang dong ya, seperti baju dll.. Jangan lupa peratiin juga barang-barang yang boleh dan ga boleh dibawa masuk ke Korea, supaya pas sampe sini aman lancar, ga ada masalah apa-apa. Oia, klo bakal tinggal di Korea lebih dari 90 hari, kamu wajib lapor ke kantor imigrasi di sini untuk dibuatkan Korean ID card.

FYI, direct flight from Jakarta to Incheon takes around 6 hours and half ~ 7 hours. Direct flight cuma bisa dengan penerbangan Garuda Indonesia dan Korean Airlines. Di Korea, kamu bakal sampe di Incheon International Airport. Refer to my previous posting. Prosedur arrival di Incheon airport adalah Arrival > Quarantine Regulations > Arrival Immigration > Baggage Claim > Customs Immigration > Meeter/Greeter Hall.

Klo udah lewat di Meeter Hall, itu artinya kamu udah sampe di Korea. haha.. ya abis itu tinggal cari orang yang jemput atau klo emang ga ada yang jemput, brati kamu bisa bertualang. Dari airport menuju ke kota yang kamu pinginin, bisa pke beberapa cara; AREX train, Bus, Taxi, Chauffeured Service, atau minjem mobil. Nah, klo yang ini adalah prosedur keberangkatan dari Incheon Airport: Check in with baggage > Complete the E/D card and pay airport departure tax > Quarantine Regulations > Customs declaration > Security Inspection > Departure immigration > Boarding.


Ohiya, sebelum pergi ada hal penting juga yg harus disiapin, pastinya uang! Kira-kira berapa harus bawa uang ke sini? Hmm.. bingung jg si sbenernya.. Buat bayangan aja, living cost di Korea itu lebih mahal dari singapur. Trus di postingan gw yang berjudul traveller's essentials, di situ kamu bisa liat beberapa contoh harga barang di sini. Kamu bisa bawa Won Korea langsung dari Indonesia, atau bisa juga bawa dollar US yang nantinya bisa dituker di bank yang ada di Korea. Klo menurut gw bank yang paling bagus di sini adalah Shinhan Bank.Tentunya bagi yang punya credit card, bisa bawa juga cc-nya ke sini.  

Have fun!

No comments: