Sunday 1 February 2009

차 (茶)

Gara2 postingannya si Uud di milis sipil UI 06, gw jadi penasaran nyari manfaat buruknya teh. Padahal postingan itu udah lama banget, pas gw nemu lagi tulisannya, di situ tertulis tanggal 26 Oktober 2008. Di postingan itu, Uud nulis beberapa kebiasaan yang harus kita hindari yang sadar atau ga sadar sering kita lakuin setiap hari. Di baris pertama tertulis "Kurangi konsumsi TEH". Setelah gw baca kalimat itu, "Ha? kurangi konsumsi TEH? emang teh kenapa?" Langsung de penasaran gw muncul seketika abis baca tulisan itu. Tapi karena waktu itu gw cari ga ktemu jawabannya, akhirnya gw lupa tentang itu... dan tiba-tiba hari ini gw jadi keinget lagi. Sampe gw cari lagi itu postingan. Hahaha. Kenapa gw penasaraaann? ya..soalnya gw adalah salah satu peminum teh. Everyday I drink at least 3 cups of japanese green tea. I like to see many products of tea in Homeplus or somewhere, especially the herbal tea. I feel amazing everytime I see many kinds of tea flavor. I don't know why. I like any kind of tea (except ginseng and ginger tea, haha) but I try not to drink the black tea because of my blood type. The black tea is not good for my blood type. 

Ok, earlier, I posted again in that mailing list. I asked my friend if they know or not about the bad effect of tea. Keisha had already answered my question. She reminded me about the caffein contained in tea. wuah.. It helps a lot. Gw jadi lebih gampang buat search di google. Gw buka blognya salah satu dokter cantik yang katanya suka tampil di TV (gw lupa namanya) dari search resultnya. Nah di situ tertulislah infonya.. Mmm. intinya gini.. Teh itu mengandung kafein, tapi tidak sebanyak kafein yang terkandung di dalam kopi. Mengonsumsi kafein berlebihan tentu saja ga bagus buat tubuh kita. 250 g kafein sehari itu udah cukup buat tubuh manusia. Nah.. klo teh herbal (yang terbuat dari tumbuh2an seperti cammomile, peppermint atau blossom apa gitu namanya), katanya mengandung kafein sedikit skali.. malah bisa 0%. Tapi klo teh yang terbuat dr daun teh, mengandung kafein yang lebih tinggi dari teh herbal itu. Katanya kafein kan bisa mempercepat detak jantung sama bikin ga bisa tidur. Nahhh.. haha.. baru de gw sadar kenapa gw ga bisa tidur. Mungkin karena teh yg gw minum ini kebanyakan kali ya. >.< 

Ya bgitulah.. selebihnya kyanya ga ada yang salah dari minum teh. Manfaatnya lebih banyak dari kerugiannya. I think so... ya sgala sesuatu klo berlebihan pasti ada negative effectnya kan..

Oia, selama di sini gw jadi tau berbagai macam rasa teh. hehe. 
Mulai dari teh hijau korea (yang merknya banyak dijual di supermarket) yang rasanya agak aneh pas pertama kali nyobain.. tapi lama2 jadi biasa.. 


Lalu.. teh dari afrika dengan nama lain rooibos tea yang gw beli di costco.. 
Lalu.. 유자차 (citron tea) (yg ini enak banget :D) pertama nyobain di tempatnya mba vita..

Lalu... 보리차 (roasted barley tea) dapet dari Joana
Then.. 율무차 (Job tear's tea) dapet dari Joana juga

Lalu 감잎차 (dried persimmon leaves tea) dikasih sama dosennya Erica

Terus... Japanese green tea yang gw beli satu stengah taun lalu. 

Nah, yang trakhir, kemaren pas ke herb hillz itu.. kan ada toko yg jual sgala sesuatu dari herbal. Isinya banyak tehnya.. lucu2 banget.. ga tahan akhirnya beli juga. :D gw dikasih tester teh di sana, trus gw beli tehnya akhirnya 1 kemasan. rasanya strawberry campur blueberry. uenak.. 

4 comments:

Anïnditá said...

i heart Japanese green tea
rasanya agak kaya nori hehe :D

Mutia said...

emang iya dit? masa si mirip nori rasanya. btw, nori jepang sama korea beda ga si rasanya?tmn jepang gw blg, lebih enak nori yg dr korea.. gw blm pernah nyobain nori dr jepang soalnya.. tp kyanya rasa teh jepang itu normal2 aja. haha

Ilham Syahputra said...

ooowh, teh itu ngandung cafein jg yah?? pantesan aja gw sussah bgt tidur. coz gw demen bgt minum teh, pa lagi green tea, yah yg di botol2 sih, tp ternyata ngefek jg yah?? nice info.

Mutia said...

ada temen gw yg bilang namanya teain. tp ya intinya kyanya si sama ham.. wah klo yg dibotol2 itu ga tau de ham.. kyanya si byk bahan kimianya.. klo mau bagus minum yg diseduh aja.. yg bentuknya masih daun2 gitu..