Saturday 3 April 2010

crepes

eh iniii. tau ga? masa gw tadi akhirnya udah beli crepes di korea. haha. setelah ngeliat keberadaan crepes pertama kali di busan waktu taun 2008 (tp gw ga beli waktu itu), akhirnya gw ngeliat crepes juga di daegu minggu lalu waktu si tiara jalan-jalan ke sini. tapi pas minggu lalu itu gw ga beli karena udah kenyang makan yg lain duluan. dan tibalah saatnya tadi pas gw ke downtown. hoho. udah ngincer: pokoknya di downtown gw harus beli crepes!! gw kangen makan ini, kemaren pas di jakarta cuma sempet makan sekali doang.

crepes yang gw beli ini bernama star crepe [click to open the site], sepertinya cabang dr jepang atau.. ntahlah gw ga ngerti, yang jelas tulisan star crepesnya ditulis pke alfabet dan katakana. klo keliatan dari bentuk tokonya, sepertinya korea ngikutin jepang dalam hal toko crepes ini. belom pernah liat langsung si, tapi kya gini de kurang lebih dari yang gw liat di anime2. 


dan pas lagi ngantri mesen, gw denger percakapan kocak 2 orang high school korean students.
A: eh crepes itu makanan jepang ya?
B: iya. sama aja kya wafel. itu juga makanan jepang.
A: really?? negara kita payah banget si ga ada makanan yang manis2...
*crepes dan waffle adalah jajanan yang akhir-akhir ini digemari oleh anak-anak muda di korea.

gw yang dengernya ngikik2 aja de dalem hati. crepes dan waffle, dari bahasanya aja udah ketauan klo itu bukan bahasa jepang neng... crepes itu jelas-jelas dari perancis, dan waffle.. hmm dari mana ya? gw juga kurang tau klo ini, tapi yang jelas kyanya dari negara-negara eropa sperti belgia dan skitarnya.

dan hal unik dan mengherankan yang gw liat adalah.. mereka semua itu sangat-sangat amazed setiap ngelewatin toko crepes ini. kya baru pertama kali liat sesuatu yang amazing gitu. semua pada bilang "신기하다...신기하다" (shin-gihada) yang artinya amazing, wonderful, marvelous.. [sayangnya lupa difoto pas lagi ramenya] Hmm, berati mungkin aja ini pertama kalinya mereka ngeliat langsung makanan yg disebut crepes ini. telat juga ya, padahal jepang itu deket (klo emang mereka mengadopsi jepang dalam hal makan-memakan crepes), tapi kenapa baru sekarang dioper ke koreanya? di indonesia aja kyanya udah dari jaman SMP awal gw kenal makanan ini yang artinya udah 10 tahun yang lalu.

oia, comment buat crepesnya: ternyata masih lebih enak crepes yang gw beli di indonesia. ntah kenapa whipped creamnya lebih enak yang biasa gw beli di jakarta. kulit crepesnya juga lebih lembut yang di sana, walaupun emang ukurannya lebih gede korea. hmm, spertinya cukup sekali aja gw nyobain, yang penting pernah. :D 

No comments: